Senin, 21 Mei 2012

Makna Imlek


Terlepas apakah mitos, perayaan Imlek merupakan perayaan yang dilakukan oleh para petani di Cina setelah melewati musim dingin yang menusuk dan mensyukuri permulaan musim baru penuh harapan yakni musim semi yang terjadi tiap tahunnya.

Perayaan Imlek dimulai pada tanggal 30 bulan ke-12 dan berakhir pada tanggal 15 bulan pertama Cap Go Meh. Acaranya meliputi sembahyang Imlek, sembahyang kepada Thian, dan perayaan Cap Go Meh.

Perayaan bertujuan untuk menjamu kerabat, sanak saudara dan berdo’a pada leluhur. Acara ini sebagai sarana silaturahmi dengan kerabat dan tetangga dilanjutkan persembahyangan, sekaligus sebagai wujud syukur dan do’a dengan harapan agar di tahun depan mendapat rezeki lebih banyak.

Umumnya perayaan dilakukan bersama anggota keluarga, bersilahturahmi, saling berbagi dan memberikan pengalaman selama setahun. Perayaan ini menjadi sangat berarti ketika setiap anggota keluarga dan tetangga saling menjalin kasih sayang dan memulai lembaran baru. Karena itu, makna yang dapat dilihat pada waktu sekarang lebih pada hari raya Imlek merupakan momen pertemuan seluruh anggota keluarga. Hal ini sangat penting sekali dalam setahun berkumpul dan berdo’a untuk memasuki lembaran baru.

Tidak ada komentar: